Analisis Pengaruh Motivasi, Pengetahuan, dan Sikap Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Penggunaan Orthodonsi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palembang
Main Article Content
Penelitian dilakukan pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Kota Palembang yang menggunakan orthodonsi.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan dan sikap konsumen secara parsial dan simultan
terhadap pengambilan keputusan dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang.
Desain penelitian yang dipakai adalah konklusif causal dan analisa data menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota Palembang yang berjumlah 22 sekolah. Teknik pengambilan
sampel dilakukan berdasarkan metode penarikan sampel acak sederhana dengan mengambil 1/3 dari jumlah populasi
yaitu 8 (delapan) SMA Negeri di Kota Palembang. Responden berjumlah 305 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
kuesioner dan jenis data adalah data primer. Teknik skala pengukuran menggunakan skala Likert. Teknik Analisa data
menggunakan analisa regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan variabel motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan secara simultan
variabel motivasi (X1), pengetahuan (X2) dan sikap (X3) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan (Y)
dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang sebesar 68,5%, sedangkan 31,5%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.