Main Article Content

Fitri Mawarti
Fauziah Nuraini K
M.Husni Thamrin

Latar Belakang : Salah satu penyebab belum tercapainya target penurunan AKI di Indonesia yaitu adanya kontribusi
kematian ibu di Kota Pangkalpinang. Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan utama yang harus menyediakan
pelayanan kesehatan dasar berkualitas termasuk pelayanan kesehatan ibu hamil. Kualitas pelayanan ibu hamil
dimonitoring melalui cakupan K4 tetapi survei kualitas terhadap kepuasan ibu hamil belum pernah dilakukan. Tujuan
penelitian ini untuk menilai kualitas pelayanan puskesmas terhadap kepuasan ibu hamil di Kota Pangkalpinang dengan
pendekatan servqual. Metode: deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis gap RATER untuk mengetahui
kualitas pelayanan dan uji anova untuk mengetahui perbedaan layanan di puskesmas. Jumlah sampel sebanyak 315 ibu
hamil yang diambil berdasarkan quota sampling di sembilan Puskesmas Kota Pangkalpinang.Hasil:didapatkan nilai gap
dimensi servqual bernilai negatif dan nilai penggolongan servqual < 1 di seluruh puskesmas. Adanya perbedaanyang
signifikan antara gap dimensi tangible (p=0,000),reliability (p=0,001) dan responsiveness (p=0,000) serta kualitas
pelayanan keseluruhan puskesmas (p=0,007). Kesimpulan: kualitas pelayanan puskesmas terhadap kepuasan ibu hamil
di Kota Pangkalpinang kurang baik.Terdapat perbedaan pada tangible, reliability dan responsiveness antar Puskesmas
yang ada di Kota Pangkalpinang.Puskesmas perlu memberikan perhatian lebih pada area yang menimbulkan
ketidakpuasan dan meningkatkan kinerjanya.

Keywords: Kepuasan Ibu Hamil Puskesmas SERVQUAL