Main Article Content

Herdinta Yudaristy
Irfanuddin
Mutiara Budi Azhar

Belum ada penelitian mengenai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2006/2007 dan KBK 2011/2012 yang
diterapkan di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi mahasiswa dan dosen mengenai materi ilmu kedokteran dasar dan kedokteran klinis yang diperoleh mahasiswa
Pendidikan Dokter Umum (PDU) melalui KBK tahun ajaran 2006/2007 dan 2011/2012 di Fakultas Kedokteran
Universitas Sriwijaya (FK Unsri). Data didapatkan melalui wawancara mendalam dengan 24 orang informan, 8 orang
mahasiswa 2010, 8 orang mahasiswa 2011, dan 8 orang dosen, yang dipilih dengan metode purposif. Proses analisis
data dilakukan pada saat pengumpulan data dimulai. Sebagian besar persepsi yang didapatkan dari kedua kelompok,
kelompok informan A dan B adalah sama. Perbedaan ini terletak pada aktivitas akademik yang disukai, metode yang
digunakan untuk mengulangi ilmu kedokteran dasar, serta manfaat ilmu kedokteran dasar untuk ujian dan tutorial.
Kelompok informan C menyetujui konsep integrasi pada kuliah terintgerasi, namun tidak untuk tutorial. Mereka merasa
substansi ilmu yang diberikan dalam kuliah terintegrasi dan tutorial sudah cukup, namun masih tidak puas dengan
kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa preklinik.

Keywords: kurikulum berbasis kompetensi (KBK)) pendidikan kedokteran kuliah persepsi kompetensi