Hubungan Pendekatan Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
Main Article Content
Pendekatan belajar adalah cara seseorang untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Pendekatan belajar dapat
dikelompokan menjadi deep approach dan surface approach. Pendekatan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar.
Hasil belajar deep approach lebih tinggi daripada surface approach. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat
hubungan pendekaan belajar dan hasil belajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK
Unila). Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah mahasiswa
tahun pertama yang mengambil blok Learning Skill and Professionalism sebanyak 235 orang. Pengambilan sampel
dengan total sampling dengan kriteria inklusi mahasiswa yang mengambil blok Learning skill and Professionalism dan
bersedia menjadi responden. Data pendekatan belajar mahasiswa dengan menggunakan kuesioner “Revised Study
Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-F2). Data hasil belajar adalah nilai ujian blok Learning skill and
Professionalism. Uji yang digunakan untuk melihat hubungan adalah uji Fisher. Hasil didapatkan sebanyak 214 orang
(91,06%). Pendekatan belajar yang terbanyak adalah deep approach 96,7%. Hubungan pendekatan belajar dan hasil
belajar didapatkan tidak bermakna p> 0,05 tetapi mahasiswa yang menggunakan deep approach tingkat kelulusan
lebih tinggi daripada surface approach.